Skip to content
  • Home
  • Contact
  • Sitemap
  • Bisnis
  • Hiburan
Cepat Cuan

Banner Jam dan Sosmed

BOEGIS FASHION STORE
  • HOME
  • USAHA RUMAHAN
    • Kuliner Rumahan
    • Kuliner Dan Catering
    • Fashion Dan Aksesoris
    • Kecantikan Dan Perawatan
    • Online Dan Digital
    • Rumah Tangga Dan Kebersihan
    • Pendidikan Dan Kreatif
    • Ternak Dan Pertanian
    • Hiburan Dan Hobi
    • Unik Dan Anti Mainstream
  • SIDE HUSTLE
    • Freelance Writing Dan Blogging
    • Desain Grafis Dan Kreatif
    • Video Dan Audio Editing
    • Social Media Dan Influencer
    • Data Dan Analisis
    • Selling Dan E-commerce
    • Coding Dan IT
    • Pendidikan Dan Les Privat
    • Game Dan Hobi
    • Side Hustle Unik
  • BISNIS ONLINE
    • Jasa Freelance
    • Affiliate Marketing
    • Jasa Digital
    • Produk Digital
    • Dropshipper
    • Payment Point Online Bank
    • Content Creator
    • Reseller
    • Pendidikan Online
    • Virtual Assistant
  • Follow Us
  • HOME
  • Kisah Sukses
  • Kisah Kegagalan
  • Modal Awal
  • Tanpa Modal
  • Bisnis Online
  • Lokasi Strategis
  • Strategi Bisnis

Banner Jam dan Sosmed

TOMMACCA

Rahasia Resep Masakan

Rahasia Resep Masakan

Label Resep Masakan

  • Resep Dimsum
  • Resep Gorengan
  • Resep Keripik
  • Resep Roti & Kue Basah

Label 2 Bisnis

Rahasia Resep Masakan

Label Bisnis

  • Bisnis Fashion
  • Bisnis Kekinian
  • Bisnis Kuliner
  • Bisnis Minuman
  • Bisnis Modal Kecil
  • Bisnis Online
  • Bisnis Rumahan
  • Bisnis Sampingan
  • Bisnis UMKM

KERJA ONLINE

Wordpress
banner

Strategi Penentuan Target Market Jualan Keripik Homemade Agar Cepat Cuan



Strategi Penentuan Target Pasar (Target Market) Jualan Keripik Homemade Secara Lebih Detail dan Terperinci

(Keripik Pisang, Singkong, Kentang)

Apa Itu Target Pasar?

Target pasar adalah kelompok orang atau calon pembeli yang paling berpotensi membeli produk kita. Jadi, tidak semua orang bisa menjadi target pasar, hanya orang-orang yang memang membutuhkan, menyukai, atau berminat terhadap produk tersebut.

Dalam usaha jualan Keripik Homemade (Pisang, Singkong, Kentang), kita harus tahu siapa yang paling mungkin membeli keripik kita. Dengan menentukan target pasar, kita bisa lebih fokus memasarkan produk, tidak asal promosi ke semua orang.


Cara Menentukan Target Pasar Secara Terperinci

Proses penentuan target pasar dilakukan melalui 3 tahap:

  1. Segmentasi Pasar (Segmentation)
  2. Menentukan Target Pasar (Targeting)
  3. Positioning Produk (Positioning)

1. Segmentasi Pasar (Segmentation)

Segmentasi adalah membagi pasar yang besar menjadi kelompok-kelompok kecil berdasarkan kriteria tertentu.

Tujuan Segmentasi:
Agar kita tahu kelompok mana yang paling cocok membeli keripik homemade kita.

Cara Membagi Segmentasi Pasar:

Jenis SegmentasiKeteranganContoh Untuk Keripik
DemografisUsia, jenis kelamin, pekerjaan, pendapatanUsia 15-35 tahun (remaja & dewasa muda)
GeografisLokasi tempat tinggalPerkotaan & pinggiran kota
PsikografisGaya hidup, hobi, dan kebiasaanOrang suka ngemil saat nonton, belajar, kerja
Perilaku (Behavioral)Kebiasaan membeli produk, loyalitas, atau selera rasaPecinta camilan pedas, suka ngemil saat nongkrong

Penjelasan Lebih Detail:

1. Segmentasi Demografis (Siapa Mereka?)

  • Usia:
    • Remaja (15-20 tahun): Suka ngemil saat nonton atau belajar
    • Dewasa muda (21-35 tahun): Mahasiswa atau pekerja kantoran yang suka ngemil saat kerja
    • Ibu rumah tangga (35-50 tahun): Membeli camilan untuk keluarga

  • Jenis Kelamin:
    • Pria & Wanita (lebih banyak wanita karena suka ngemil)

  • Pekerjaan:
    • Mahasiswa, Pekerja Kantoran, Ibu Rumah Tangga

2. Segmentasi Geografis (Di Mana Mereka?)

  • Perkotaan:
    Konsumen di kota cenderung suka camilan modern, tanpa pengawet, dan kemasan menarik

  • Pinggiran Kota & Pedesaan:
    Lebih suka camilan tradisional dengan harga terjangkau


3. Segmentasi Psikografis (Bagaimana Gaya Hidup Mereka?)

  • Orang yang suka ngemil saat bekerja, belajar, atau nonton
  • Pecinta makanan pedas (untuk keripik singkong pedas level)
  • Orang yang mencari camilan sehat tanpa pengawet

4. Segmentasi Perilaku (Kebiasaan Mereka?)

  • Membeli camilan untuk stok di rumah
  • Suka produk homemade karena lebih sehat
  • Suka ngemil saat nongkrong atau kerja


2. Menentukan Target Pasar (Targeting)

Dari segmentasi di atas, kita harus memilih kelompok mana yang PALING potensial.


Target Utama:

  • Mahasiswa & Pekerja Kantoran (usia 18-35 tahun)
    • Mereka sering ngemil saat belajar atau bekerja
    • Lebih suka produk homemade tanpa bahan pengawet

  • Ibu Rumah Tangga (25-50 tahun)
    • Membeli camilan untuk anak-anak dan keluarga

Target Sekunder:

  • Anak-anak sekolah (melalui kantin sekolah)
  • Reseller (orang yang ingin menjual kembali produk kita)
  • Wisatawan (jika menjual di tempat wisata sebagai oleh-oleh)

Kenapa Harus Fokus ke Target Tersebut?

Target PasarAlasan
Mahasiswa & Pekerja KantoranSuka ngemil saat bekerja, gampang tergiur promosi online
Ibu Rumah TanggaMembeli dalam jumlah banyak untuk keluarga
ResellerBisa membantu memperluas jangkauan penjualan


3. Positioning (Posisi Produk di Pasar)

Positioning adalah bagaimana kita ingin produk keripik kita dikenal oleh pembeli.


Contoh Positioning Produk:

VarianTarget PasarPositioning
Keripik PisangIbu Rumah TanggaCamilan Sehat Tanpa Pengawet
Keripik SingkongRemaja & MahasiswaPedasnya Nendang, Gurihnya Ketagihan
Keripik KentangPekerja KantoranKeripik Premium untuk Ngemil Sehat

Slogan:

  • "Ngemil Enak Tanpa Rasa Bersalah"
  • "Keripik Rumahan, Rasa Premium!"
  • "Renyah, Gurih, Pedas, Bikin Ketagihan!"


4. Strategi Promosi (Marketing Online & Offline)

StrategiMediaTarget Pasar
InstagramStory & FeedRemaja & Dewasa Muda
TikTokVideo ReviewPecinta Camilan Pedas
Shopee & TokopediaMarketplaceIbu Rumah Tangga
WhatsAppResellerKomunitas Ibu Rumah Tangga


5. Harga (Pricing Strategy)

Jenis KemasanHarga
Ekonomis (100gr)Rp10.000
Premium (200gr)Rp20.000
Paket BundlingRp50.000 (3 Rasa Sekaligus)


6. Analisis Kompetitor

KompetitorKelebihanKekuranganCara Mengungguli
Keripik AHarga MurahTidak Banyak VarianTambahkan Varian Rasa Unik
Keripik BTanpa PengawetHarga MahalBuat Varian Ekonomis


7. Kesimpulan

Target Pasar Paling Potensial:

  • Mahasiswa
  • Pekerja Kantoran
  • Ibu Rumah Tangga

Produk yang Ditawarkan:

  • Keripik Pisang (Manis & Coklat)
  • Keripik Singkong Pedas Level
  • Keripik Kentang Original

Bonus Tips:

  • Buat Brand dengan Nama Unik (contoh: Keripik Mami Gurih)
  • Desain Kemasan Modern
  • Gunakan Instagram & TikTok untuk promosi

Baca Juga
Info Blog :
Blog ini hadir untuk memberikan inspirasi bisnis terbaru dan analisis ekonomi dengan gaya penulisan ringan. Mulai dari ide sederhana hingga strategi besar, semua bisa kamu temukan di sini. Cocok untuk pemula maupun pebisnis berpengalaman yang ingin terus berkembang dan menemukan peluang baru yang belum banyak diketahui.
Simpan Link dan Bagikan :
Penting : Agar anda dapat kembali mengakses web/blog ini dikemudian hari, maka silahkan bagikan artikel ini ke Media sosial anda.
Komentar Facebook :
Bisnis Keripik Homemade Bisnis Kuliner Laris Ide Bisnis Modal Kecil Inspirasi Usaha Sampingan Jualan Makanan Ringan Modal 500 Ribu Untung Jutaan Tips Sukses Berbisnis Usaha Rumahan
Artikel Terbaru Artikel Lainnya Beranda

Recent Post dan Search

BERITA HACKERS


POPULER HARI INI

Recent Post

Artikel Populer
Artikel Terbaik

Daftar Usaha

Rekomendasi Usaha
+Usaha Jualan Gorengan
+Usaha Jualan Keripik
+Usaha Jualan Dimsum
+Usaha Jualan Roti dan Kue Basah
+Usaha Jualan Es Kopi Susu

Judul Follow Me

Follow Me :

Follow Me :

Tentang Blog

Tentang Blog

Blog ini membahas ide bisnis, peluang usaha, dan analisis ekonomi dari sudut pandang yang tidak biasa. Artikel ditulis sederhana, kritis, mudah dipahami, dan bisa langsung diterapkan. Cocok untuk pemula hingga pelaku bisnis berpengalaman yang ingin menemukan peluang baru dan menantang pola pikir umum.

Dapat kami pastikan anda akan semakin cerdas setelah membaca artikel kami. Karena kami mengasah Otak dan Pola Pikir anda untuk berkembang dan semakin maju kedepannya...

Kebijakan Konten

Kebijakan Konten

Dilarang keras menerbitkan artikel tentang perjudian, konten pornography dan hal-hal yang memicu sara. Jika ditemukan konten yang dianggap melanggar ketentuan pembina blog, maka blog akan ditutup secara permanen.

Blog ini berada dibawah binaan :

Andi Akbar Muzfa, SH.

Pimpinan Advokat Kantor Hukum ABR & Partners
Ketua Blogger Nusantara

Penulis Blog

Penulis Blog

Blog ini merupakan Blog Generasi Pertama yang diremajakan beberapa admin dari kalangan Mahasiswa diantaranya :
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Ilmu Administrasi
  • Fakultas Ilmu Komputer
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Psikologi
Kami semua memiliki prinsip yang sama yaitu "ilmu yang tidak diamalkan bagaikan pohon yang tak berbuah"

Profil Admin Blog

Profil Admin

Admin : Sri Rahayu, SE.
Profesi : Wirausaha.
Kota asal : Makassar, Sulawesi Selatan.
Alamat saat ini : Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Terimakasih telah mengunjungi Blog kami yang sederhana ini dan semoga bermanfaat, jangan lupa Follow me on :

Facebook  Twitter  Instagram Linkedin Path
Copyright © Cepat Cuan | Theme by Anonymous Indonesia | Distributed By Andi AM - Update 270225. All Right Reserved
Blogger Academia Blog ini terdaftar sebagai Alumni Blogger Academia tahun 2016 dengan Nomor Induk Blogger NIB: 016883776, dan dinyatakan Lulus sebagai salahsatu dari 100 Web/Blog Terbaik Blogger Academia tahun 2016.

Mohon laporkan jika terjadi penyalahgunaan Blog dan atau terdapat pelanggaran terhadap konten/artikel yang terindikasi memuat unsur Pornografi, Perjudian dan Hal-hal berbau Sara.

Hormat kami,

Andi Akbar Muzfa, SH
Ketua Blogger Academia
Pimpinan Advokat dan Konsultan Hukum ABR & Partners
>> Laporkan Artikel Kebijakan Konten